Header Ads

Header Ads
Selamat Datang di Website www.suarabamega25.com " KOMITMEN KAMI MEMBANGUN MEDIA YANG AKURAT DAN BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT " Alamat Redaksi Jl. Berangas KM. 2.5 No. 20 RT. 05 Desa Batuah Kotabaru Kalsel, Contact Mobile : 0812-5317-1000 / 0821-5722-6114.

Indahnya Sungai Kupang adalah Gua Liang Wayang


Suarabamega25.com, Cantung -  Destinasi wisata menawan  yang ada di kawasan RPH Sungai Kupang adalah Gua Liang Wayang. Gua ini ada di  Dusun Napu Desa Cantung Kiri Hulu Kecamatan Hampang, Kabupaten Kotabaru.  Lokasinya terletak pada kawasan hutan produksi, Jum'at (10/3/23)

Kepala RPH Sungai Kupang, M Rifai menjelaskan kawasan ini termasuk eksotis.  Keunikan Gua Liang Wayang ini juga menjadi salah satu lokasi keramat bagi penduduk suku Dayak setempat. 

"Di dalam gua tersebut terdapat aliran sungai bawah tanah. Memanjang, dari mulut hingga ekor gua. Sehingga berbeda dengan kebanyakan gua yang ada di Kalsel. Punya ciri khas dan keunikan. “Eksotisnya gua ini tak diragukan. Indah dan menawan. Aliran air saat diterpa cahaya berkilauan,” kata Rifai.

Kata Rifai"Pada bagian tengah, terdapat satu ruangan yang cukup besar. Di atasnya terdapat sebuah lubang yang menjadi pusat dari seluruh Liang Wayang. Dari lubang tersebut, sinar matahari menerobos masuk. Sehingga memunculkan pantulan dan bias cayaha yang memukau.


Tidak ada komentar: